Peringati Maulid Nabi dengan Lomba

            riskiRiski (6 th) sedang asyik dengan crayon warna yang ia pegang. Dengan crayonnya, Ia mulai menorehkan warna kedalam kertas yang telah dibagikan gurunya. Kertas itu merupakan sebuah kaligrafi dengan lafadz Allah yang harus diwarnai. Dengan hati-hati, Ia berusaha agar warna yang ia torehkan ke dalam lafadz itu tidak melewati garis batas. Kombinasi warna dan kerapian sangat diperhatikan olehnya.

Tak selang berapa lama, lafadz Allah pun telah terwarnai dengan warna hijau pupus. Setelah itu, ia melanjutkan pewarnaan pada bingkai kaligrafi tersebut. Tak sampai satu jam, ia telah merampungkan sebuah kaligrafi. “senang sekali bisa mewarnai disini”, ujar Siswa kelas 1 SD Negeri Margosari dalam sebuah acara lomba yang diadakan oleh Lembaga Pendidikan At Taqwa, Desa Tamanrejo, Limbangan, Sabtu (26/1).

            Ichsan Santoso, Ketua Lembaga Pendidikan At Taqwa menerangkan bahwa kegiatan lomba ini diadakan guna memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW. “Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi anak anak didik agar bisa adzan, menulis arab bahkan menghafal surat-surat pendek. Karena dalam lomba ini tidak hanya satu lomba melainkan ada beberapa lomba” jelasnya.

Ia menerangkan, setidaknya ada lima kategori yang dilombakan. Tiga kategori diperuntukkan bagi anak anak Madrasah dan dua kategori untuk anak anak TPQ. Lomba yang diadakan antara lain: lomba adzan, menghafal surat pendek, menjodohkan huruf hijaiyyah, menjodohkan asmaul husna dan membuat kaligrafi serta mewarnainya. “Lomba seperti ini sudah diadakan kali keduanya sejak berdirinya At Taqwa sejak tahun 2010 lalu” tandasnya.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini, mengajak Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Universitas Diponegoro 2013 untuk menjadi juri pada setiap lomba tersebut. “Kebetulan selama KKN kami membantu mengajar dalam TPQ disini, jadi kami diajak para guru untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai juri” ujar koordinator desa tim KKN, Wahyu. Kedatangan tim KKN ini membuat anak-anak menjadi bersemangat untuk mengikuti lomba. Hal ini dibenarkan oleh Ichsan, “kami sengaja mengajak mas mbak dari KKN untuk ikut serta sebagai juri dan dapat memotivasi anak anak” jelasnya.[@pianHervian]

Pemberian Hadiah.jpg

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 28 Januari 2013, in Release. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: