At-Taqwa, Ajarkan Agama pada Anak di Tamanrejo

PAUD TamanrejoAzzam (2 th) sedang asyik dengan lem kertas yang ia pegang. Ia memasukkan jari tangan ke dalam tempat lem dengan penuh semangat. Ia tidak takut kotor dengan lem yang ada ditangannya. Sekejap, baluran lem kertas menempel di jari telunjuknya. Dengan hati-hati, ia mengoleskan lem kertas yang di jari telunjuknya ke garis yang ada di kertas. Garis tersebut sebelumnya sudah digambar oleh Bundanya (Guru-red). Setelah lem dioleskan ke semua garis yang ada, Azzam kemudian mengambil batang korek api satu persatu dan menempelkannya pada garis yang sudah diolesi lem. Dalam beberapa menit, terlihat bentuk kapal dengan batang korek api yang melekat ditiap sisinya. Ia pun senang, hasil karyanya telah selesai. Azzam tidak sendirian, disana banyak teman sebaya yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan bermain sambil belajar. Begitulah kegiatan yang dilakukan di kelas kecil Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) At-Taqwa, Desa Tamanrejo, Limbangan, Senin (21/1)

At-Taqwa merupakan sebuah lembaga pendidikan swadaya masyarakat di desa Tamanrejo. At-Taqwa berada di Jalan Kauman No. 22. At-Taqwa yang berdiri ditanah wakaf ini berdiri sejak bulan Maret 2010. Belum begitu lama memang, namun keberadaan AtTaqwa ini menarik perhatian masyarakat sekitar untuk mengikutsertakan anak-anaknya dalam lembaga ini. At-Taqwa memiliki beberapa program. Program pertama adalah TPQ. TPQ ini dilakukan setiap sore selain hari jumat dan hari libur nasional. Kegiatan dalam TPQ ini seperti TPQ lainnya yaitu membaca Iqro’. Sasaran dari TPQ ini adalah anak-anak yang masih duduk dibangku Taman Kanak-Kanak.

Program kedua dari lembaga ini adalah MDA atau Madrasah. Berbeda dengan TPQ, Madrasah ini merupakan jenjang yang lebih tinggi. Sama seperti halnya Madrasah yang ada, disini diajarkan tentang ilmu-ilmu keagamaan. Seperti Fiqih, Aqidah, Akhlak, Tarikh dan Bahasa Arab. Kegiatan ini juga dilakukan setiap sore hari, selain hari jumat dan hari libur nasional. Terdapat 3 kelas dalam Madrasah ini. Kelas kecil, tengah dan besar. Siswa madrasah ini berasal dari SD dan SMP. Program ketiga adalah PAUD. PAUD ditujukan bagi anakanak yang berusia 1 tahun sampai dengan 4 tahun. ‘Belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar’ diterapkan dalam kegiatan PAUD ini. PAUD hanya dilakukan 3 kali dalam seminggu, yaitu pada hari senin, rabu dan jumat. Kegiatan PAUD dimulai dari jam setengah sembilan sampai dengan jam setengah sebelas. Peserta kegiatan PAUD sendiri tidak hanya berasal dari desa Tamanrejo, tetapi juga banyak yang berasal dari desa tetangga seperti desa Pagerwojo dan desa Margosari.

Dalam pelaksanaan semua kegiatan di lembaga ini baik di TPQ, MDA dan PAUD terdapat beberapa hambatan. Salah satunya dengan kondisi guru yang mengajar. Daftar guru yang mengajar memang sudah banyak, namun dalam proses belajar terkadang guru berhalangan hadir dan menyebabkan pimpinan lembaga ini kuwalahan untuk mengajar. Semoga kedepannya lembaga ini lebih baik dan berkembang, karena mempunyai tujuan yang mulia yaitu menyebarkan agama islam (syiar) …

Salam..

@pianHervian

PAUD

At Taqwa

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 22 Januari 2013, in Serba-serbi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: