Tong Sampah Lukis: Tingkatkan Rasa Peduli Lingkungan Kepada Anak

tong sampah lukisSampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Pada prinsipnya, sampah adalah hasil aktivitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Bentuk sampah bisa berada dalam setiap fase materi, yaitu padat, cair, dan gas. Secara sederhana, jenis sampah dapat dibagi berdasarkan sifatnya. Sampah dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik atau sampah basah ialah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti dedaunan dan sampah dapur. Sampah jenis ini sangat mudah terurai secara alami (degradable). Sementara itu, sampah anorganik atau sampah kering adalah sampah yang tidak dapat terurai (undegradable). Karet, plastik, kaleng, dan logam merupakan bagian dari sampah kering.

Sampah telah menjadi permasalahan dunia. Ruang gerak manusia menjadi terasa kurang bebas karena adanya sampah. Jalan-jalan, pekarangan rumah, selokan, sungai, pasar, dan terminal adalah tempat bertumpuk-tumpuknya sampah. Meningkatnya jumlah sampah tidak diimbangi oleh meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengusahakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Kebanyakan masyarakat masih sering membakar habis sampah atau menimbun sampah tersebut. Padahal dengan membakar sampah akan menimbulkan polusi yang akan berakibat buruk pada kesehatan masyarakat.

Permasalahan lain yang muncul adalah terjadinya bencana banjir. Seperti yang terjadi belakangan ini di ibukota Indonesia, Jakarta. Banyak diberitakan akhir-akhir ini, Jakarta mengalami banjir yang sangat dahsyat. Hampir seluruh sudut kota Jakarta mengalami hal ini, termasuk jantung ibu kota Jakarta Pusat. Bahkan istana kepresidenan pun kebanjiran, ini merupakan kondisi yang sangat memperihatikan. Jika ditelurusi kebelakang, salah satu penyebab terjadinya banjir ini adalah buruknya sistem drainase kota. Selain itu, sampah yang dibuang sembarangan ke kali menjadi penyebabnya. Sampah tersebut tertumpuk dikali dan menyumbat aliran kali dan drainase, sehingga air tidak bisa mengalir dan akhirnya meluap ke penjuru ibu kota. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan dampak yang berkepanjangan. Tumpukan sampah yang berada di kali merupakan tempat yang cocok bagi mikroorganisme untuk hidup dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ketika banjir, mikroorganisme tersebut ikut mengalir besama air banjir. Sehingga ketika banjir melanda, banyak masyarakat yang terkena penyakit.

Tidak hanya di Jakarta, sampah yang dibuang sembarangan menyebabkan banjir di beberapa kota di Indonesia. Permasalahan ini terus terjadi setiap tahunnya. Salah satu pencegahan bencana banjir ini adalah menanamkan rasa peduli lingkungan kepada manusia dengan membuang sampah di tempatnya. Tanpa ada kesadaran manusia, bencana ini tidak akan teratasi. Rasa kepedulian tersebut harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Tidak mudah menanamkan kesadaran tersebut, harus didampingi dengan adanya fasilitas yang memadai seperti keberadaan tong sampah.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP 2013 yang bertempat di Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal menjalankan program pengadaan tong sampah bagi sekolah-sekolah di lingkungan sekitar. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak. Pengadaan tong sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan. Diharapkan anak-anak membuang sampah di tong sampah dan tidak sembarangan. Tong sampah ini pun berbeda dengan tong sampah biasa. Tong sampah ini dilukis sesuai dengan karakter anak-anak. Tong sampah lukis ini didesain seunik mungkin agar menarik minat anakanak untuk membuang sampah di tempatnya. Mulai karakter spongebob sampai alien pun menghiasi tong sampah ini. Semoga dengan adanya tong sampah ini, tidak hanya membuat anak-anak membuang sampah pada tempatnya tetapi juga dapat mengajak orang tua anak untuk peduli terhadap lingkungan. Dan dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, dapat menurunkan permasalahan kesehatan masyarakat yang disebabkan oleh adanya sampah.

Salam. @pianHervian

tim KKN Tamanrejo

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 18 Januari 2013, in Serba-serbi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: