Kenalkan Potensi Daerah Lokal dengan Citizen Journalism

Tema : Jurnalisme Warga

citizen-journalismIndonesia merupakan negara yang mempunyai banyak ragam ras, suku dan kepulauan. Banyaknya ras, suku dan kepulauan yang ada di Indonesia membuat Indonesia kaya akan kebudayaan dan pesona alam nan indah. Kebudayaan dan pesona alam yang beragam membuat Indonesia terkenal akan wisata. Namun hanya sebagian sedikit dari ragam budaya dan wisata yang ada terekspose dan dikenal oleh masyarakat baik lokal maupun asing. Terlebih di bagian pelosok Indonesia.

Dalam mempromosikan potensi budaya dan wisata yang ada di Indonesia, pemerintah sudah menggencarkan berbagai program, seperti yang ada di Jawa Tengah, Program Visit Jateng 2013. Program tersebut bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya dan wisata yang ada di Jawa Tengah. Tugas untuk mempromosikan potensi daerah bukan hanya tugas dari pemerintah, melainkan masyarakat juga dapat andil dalam hal ini.

Berkembangnya jurnalisme warga atau yang dikenal dengan Citizen Journalism yang beredar di masyarakat dapat membantu dalam mengembangkan potensi daerah masingmasing. Citizen Journalism merupakan kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Menjadi citizen journalism bukan hal yang susah. Masyarakat dapat menyampaikan informasi apapun, informasi dapat berupa peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, baik kriminal maupun liputan mengenai kegiatan warga setempat. Dengan adanya citizen journalism, informasi apapun yang ada di pelosok desa dapat tersebar diseluruh pelosok nusantara dengan adanya media online.

Hasil dari citizen journalism juga dapat berupa liputan mengenai potensi wisata dan budaya yang ada di Indonesia. Menulis atau melaporkan melalui video tentang lokasi unggulan wisata dan budaya yang belum terekspose. Tulisan dan video tersebut dapat diunggah dalam media online, sehingga potensi daerah lokal tersebut dapat tersebar baik di Nasional maupun Internasional. []

 

Salam.. @pianHervian

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 18 Januari 2013, in Serba-serbi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: