Sensasi Segarnya Air Umbul Ponggok

Musim kemarau yang berkepanjangan seperti ini sering membuat gerah. Hal yang paling ingin dilakukan pastinya mencari sesuatu yang dapat menyegarkan tubuh bukan?. Berendam atau berenang pasti seru dan dapat menghilangkan kegerahan dan merefleksikan tubuh. Berenang di kolam renang biasa tentunya sudah menjadi hal yang biasa. Nah, kalo berenang di kolam yang airnya langsung dari sumbernya pastinya akan lebih segar.

Di semarang kita tahu bahwa ada tempat wisata Umbul Sidomukti. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Air umbul sidomukti ini tidak diragukan lagi kesegarannya. Air yang langsung dari tanah ini terletak di lereng gunung ungaran. Hmmm, tempat yang sejuk dan air yang segar pasti segera dapat menyegarkan tubuh di suhu yang panas ini.

Tidak jauh berbeda dengan umbul sidomukti. Di daerah Klaten terdapat sebuah desa yang mana banyak sekali terdapat sumber air atau yang biasa disebut umbul ini. Perbedaan yang mencolok dari umbul sidomukti adalah lokasinya. Kalo umbul sidomukti terletak didataran tinggi, kalo umbul yang satu ini didataran rendah. Eiits.. jangan salah, meskipun terletak didataran rendah kesegaran airnya tidak kalah dengan air di umbul sidomukti. Umbul tersebut terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Desa Ponggok terkenal dengan sumber airnya yang melimpah sehingga tidak heran jika potensi ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam obyek wisata. Umbul Ponggok merupakan salah satu umbul (sumber mata air) yang sekarang selain difungsikan sebagai sumber air bersih bagi warga juga digunakan sebagai obyek wisata yaitu berupa pemandian. Umbul ponggok juga sering digunakan untuk tempat latihan olah raga air seperti diving dan snorkling.

Selain umbul ponggok ada juga Banyu Mili yang merupakan kawasan wisata air terpadu yang menyediakan kolam renang dewasa, kolam renang anak, water boom lengkap dengan area wisata kuliner di sekitarnya. Selain kedua tempat tersebut ada juga Umbul Sigedang yang dimanfaatkan sebagai air minum dalam kemasan serta umbul besuki dan umbul kajen yang juga merupakan sumber mata air di desa ponggok. Karena sumber air yang melimpah dan banyak dimanfaatkan sebagai obyek wisata, desa ini pun diberi julukan “Desa Wisata Air”.

Lain daripada itu, Desa Ponggok bersama 5 desa dari 3 kecamatan yaitu Desa Nganjat, Janti, dan Jimus di Kecamatan Polanharjo, Jeblog di Kecamatan Karanganom dan Daleman di Kecamatan Tulung ditetapkan oleh Pemkab Klaten sebagai desa nila. Kenapa? Karena desa-desa tersebut juga memiliki potensi akan hasil budidaya ikan nila.

Hmm.. seru kan? Bagi Anda yang mempunyai hobi berenang atau hanya ingin menikmati segarnya air umbul, tempat ini cocok sebagai referensi libuaran bagi keluarga Anda. Jika lapar menghampiri usai berenang, didesa ini juga banyak terdapat pondok makan berupa hasil budidaya ikan setempat yang masih segar tentunya.. Tunggu apalagi? Angendakan bersama keluarga Anda.. Selamat berekreasi😀

Salam. pianHervian

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 4 Oktober 2012, in Refreshing. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: