“Indonesiaku Hijau!!” Harapan itu Masih ada

 …Esai ini dibuat guna diikutsertakan dalam Lomba Esai pada Festival Menulis Indonesia 2012 di ITS…

… dan sebenernya bikinnya juga gak niat, dan kalo ada yang salah mohon dimaapkan hhehhe …

Saat ini, perubahan iklim yang ekstrim dirasakan di belahan Indonesia manapun. Bulan Mei yang seharusnya untuk wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau, namun ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih turun hujan. Perubahan iklim yang ekstrim tidak lain akibat dari global warming. Global warming telah menjadi perhatian masyarakat dunia akibat dampak yang dihasilkan. Global warming merupakan akibat dari ulah manusia yang tidak memerhatikan lingkungan.

Banyak penyebab terjadinya global warming. Adanya revolusi industri pada abad ke-18 juga memberikan andil yang cukup besar dalam terjadinya pemanasan global. Polusi yang dihasilkan merupakan penyumbang emisi gas yang ada di udara. Selain itu, penggundulan hutan yang semakin marak terjadi di hutan tropis. Penggunaan bahan bakar untuk kendaraan bermotor yang semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah emisi gas buang yang ada di udara. Ulah manusia yang semakin memproduksi sampah juga dapat memberikan andil. Sampah tersebut dapat terurai dan menghasilkan gas metan yang bercampur di udara bebas.

Semakin lama masalah pemanasan global tidak teratasi semakin banyak dampak yang akan diakibatkan. Perubahan iklim yang ekstrim juga dapat menyebabkan penularan penyakit menjadi lebih cepat dan dapat menimbulkan wabah. Selain itu, banyak terjadi bencana dimana-mana sehingga ketahanan ekonomi nasional terganggu.

Masalah yang ditimbulkan dari global warming membuat umat manusia geram dan melakukan aksi-aksi untuk memperbaiki masalah yang ada. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dampak yang lebih buruk lagi. Di Indonesia banyak bermunculan komunitas-komunitas yang peduli lingkungan. Mereka merupakan organisasi non profit yang dikelola secara sukarela dan terdiri dari kaum muda. Misalnya saja organisasi nasional yang baru dibentuk pada tahun ini, mereka menamakan diri sebagai Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI). Beberapa komunitas lingkungan yang ada di Semarang seperti CEO Environment, dan atmosPHere. Mereka ini selalu menyerukan untuk selalu melakukan aktivitas yang ramah lingkungan tanpa merusak lingkungan. Dengan semangat untuk kebaikan bumi pertiwi, mereka menyerukan, mengajak serta menyebarkan semangat kepada kaum muda dan masyarakat untuk bergaya hidup hijau serta menginformasikan isu-isu terbaru yang berkaitan tentang lingkungan maupun pemanasan global agar masyarakat mempunyai kesadaran dan rasa memiliki (Melu Handarbeni) akan bumi pertiwi.

Berbagai cara dilakukan oleh komunitas-komunitas lingkungan tersebut. Mulai dari mensosialisasikan penggunaan thumbler untuk mengurangi penggunaan air mineral dalam kemasan, penanaman mangrove dipesisir pantai, aksi penolakan tas plastic, penghijauan dengan aksi penanaman pohon sampai dengan aksi penggunaan sepeda dalam beraktivitas guna mengurangi emisi gas buang yang ada di udara. Sungguh semangat yang luar biasa dari anak-anak muda Indonesia. Mereka tanpa lelah menyebarkan semangat untuk menghijaukan kembali bumi pertiwi, mewujudkan kembali bumi pertiwi sebagai Paru Dunia. Dari langkah-langkah kecil inilah optimisme tumbuh untuk Indonesia yang hijau, untuk Indonesia yang bersinar.[]

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 30 Mei 2012, in Refreshing, Serba-serbi, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: