Memperkenalkan Budaya Bangsa pada Anak-anak melalui Film Animasi Tokoh Pewayangan

Esai ini dibuat guna diajukan pada program “Beasiswa Data Print” hehe

karakter wayangPengetahuan anak-anak mengenai budaya bangsa Indonesia semakin menurun. Budaya-budaya asing yang lebih modern sangat mudah diterima di masyarakat. Hal ini mengakibatkan budaya asli Indonesia akan semakin bergeser dan digantikan budaya asing yang bukan merupakan identitas dari suatu bangsa Indonesia. Anak-anak yang merupakan aset bangsa dan penerus kehidupan bangsa sangat dibutuhkan kelak menjadi pemimpin bangsa. Apa jadinya bangsa ini ketika anak-anak tidak mengetahui budaya dan nilai luhur suatu bangsa?. Oleh karena itu, perlu adanya solusi guna menangani permasalahan tersebut. Perkembangan teknologi menjadi salah satu cara yang efektif dalam menangani permasalahan tersebut. Salah satu bentuk konkret dalam pengenalan budaya bangsa kepada anak-anak yaitu dengan pembuatan film animasi.

Perkembangan teknologi nampaknya membuat industri per-film-an di dunia semakin berkembang. Hal tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pihak-pihak terkait untuk membuat film-film yang semakin bermutu dan berkualitas. Film animasi anak salah satu produk yang dihasilkan akibat dari perkembangan teknologi. Film animasi yang mempunyai sasaran anak-anak ini mengandung nilai-nilai pendidikan yang dapat membuat anak secara tidak langsung akan mengerti dan mencontoh nilai-nilai yang terkandung dalam film tersebut.

Film animasi yang beredar di Negara Indonesia saat ini masih banyak dari luar negeri alias “import”. Misalnya saja animasi dari Negara tetangga “Upin dan Ipin”. Film animasi ini telah sukses membuat anak-anak Indonesia tersihir dengan karakter yang lucu serta alur cerita yang disukai anak-anak. Dalam film animasi tersebut juga dimasukkan nilai-nilai agama yang secara tidak langsung akan mendidik anak-anak yang menonton sesuai dengan ceritanya. Sedangkan di Negara kita, Negara Indonesia belum bisa menghasilkan film animasi yang berkualitas dan ditayangkan di televisi sebagai tontonan anak-anak sebagai media pendidikan.

Film Animasi Tokoh Pewayangan

Di Indonesia, potensi dalam penggunaan teknologi sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat banyaknya anak muda yang menjuarai berbagai perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional. Salah satu penggunaan teknologi yang sangat menjadi perhatian anak muda adalah dalam pembuatan film animasi. Potensi ini perlu dikembangkan untuk memajukan industri perfilman Indonesia. Sangat disayangkan jika potensi ini tidak dikembangkan untuk memajukan bangsa Indonesia.

Menanggapi persoalan yang telah disebutkan diatas, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan “Film Animasi Tokoh Pewayangan”. Film animasi ini dibuat oleh anak-anak Indonesia yang berkompeten dengan membuat tokoh karakter pewayangan dalam bentuk yang lucu yang disukai anak-anak terlebih dahulu. Alur cerita yang diusung pun adalah cerita anak yang mengandung nilai budaya. Seperti cerita “upin ipin” yang dimasukan nilai budaya bangsa Indonesia. Harapannya setelah anak-anak menonton film animasi ini, anak-anak mengetahui budaya asli bangsa Indonesia. Sehingga untuk kedepannya anak-anak bangsa ini tidak akan melupakan budaya bangsa sendiri ditengah-tengah maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Selain itu, film animasi ini bisa menembus pasar internasional dan dapat memperkenalkan budaya bangsa Indonesia di kancah Internasional. [pianHervian]

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 26 Desember 2011, in Refreshing, Serba-serbi, Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: