Finally, OSH is My Choice

Tanggal 11 Desember 2011 malam menjadi momen yang tak akan pernah dilupakan bagi semua mahasiswa FKM Undip angkatan 2009 – termasuk saya. Pemilihan peminatan dengan sistem online mengharuskan semua mahasiswa tersebut mengisi form peminatan secara online tepat pukul 00.00 WIB per tanggal 12 Desember. Ya Kami merayakan lebih awal malam pergantian tahun baru (haha), tepatnya merayakan kehidupan perkuliahan baru ketika masuk disebuah peminatan kuliah.

Malam dengan udara yang cukup dingin di area Tembalang tidak menyurutkan semangat Kami untuk mencari tempat yang ‘pas’ supaya pemilihan peminatan berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang Kami minati serta tidak kalah bersaing dengan teman-teman seperjuangan (seperti kompetisi aja -___-). Kriteria tempat yang ‘pas’ menurut kami adalah dimana koneksi internet yang kuat sehingga dapat masuk ke sistem informasi akademik dengan cepat dan bisa mengalahkan saingan dalam masuk ke sistem informasi tersebut. Karena dalam hal ini, siapa cepat dia dapat, siapa koneksi internet kuat dan cepat dia lah yang memenangkan.

Malam semakin larut, udara semakin dingin, hingga tepat pukul 00.00 WIB (12 Desember 2011), kami menyerbu website yang menyediakan pemilihan peminatan. Membuka halaman muka dengan penuh harapan dapat masuk ke dalam peminatan dan dapat menjadi yang tercepat. Alhamdulillah setelah sekian menit saya sudah menjadi bagian dari peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Occupational Safety and Health). Suasana kos semakin riuh ketika teman saya juga dapat masuk peminatan yang ia inginkan. Rasa senang bertambah ketika melihat teman-teman berpelukan mensyukuri apa yang telah terjadi dan saling member ucapan selamat. Namun daripada itu, diluar sana banyak teman-teman kami yang ‘kalah’ yang harus beralih ruang kompetisi untuk manjadi pemenang dipeminatan yang lain. Ketika semua peminatan yang diinginkan tidak lagi bisa menerima peserta, maka pimanatan yang dipilih dengan asal-asalanpun dilewati (mungkin sudah putus asa dan sekedar memilih sebagai syarat dan pelengkap untuk mendapatkan gelar). Ada juga sebagian yang memilih menjadi “pasukan bodrex” – istilah bagi mereka yang tidak memilih peminatan satupun.

Ini bukanlah sebuah kompetisi untuk memperoleh piala atau piagam penghargaan juara, melainkan hanya memilih peminatan perkuliahan yang akan kami lalui selama dua semester kedepan. Namun adanya kebijakan baru dari birokrasi yang menggunakan sistem ini membuat Kami seperti kelinci percobaan sebagai parameter dari kebijakan itu. Banyak diantara kami yang minat di sebuah peminatan hanya karena koneksi internet yang buruk, bisa-bisa kami kehabisan kursi di peminatan dan terpaksa harus memilih alternatif pilihan yang lain. Kuliah merupakan proses pembelajaran dimana di dalamnya terdapat mahasiswa dengan cita-cita dan impian yang besar dalam melaui proses ini. Ketika sebuah peminatan ditentukan dengan sistem yang ‘kurang manusiawi’ ini membuat kami harus mengubur impian-impian yang kami ciptakan selama proses perkuliahan. Dan kami harus menjalani kehidupan perkuliahan yang kurang diminati dengan apa adanya.

Ketika mengetahui kabar-kabar dari teman, saya merasa bingung bagaimana harus mengekspresikan diri. Di satu sisi, saya senang saya bisa masuk ke peminatan yang benar-benar menjadi minat saya dari awal, disisi lain kasihan melihat teman-teman yang kurang beruntung. Yah semoga teman-teman saya mendapatkan yang terbaik. Apapun hasilnya ketika kita sudah berusaha pasti pada akhirnya akan membuahkan hasil yang terbaik. Dan OSH lah menjadi pilihan saya, yah OSH is my choice and OSH is my way. Semoga dapat menjadi peminatan yang terbaik bagi saya untuk kedepannya, Man Jadda wa Jadda. BISMILLAH😀

About pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 12 Desember 2011, in Serba-serbi, Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: