Kesehatan Kerja Sektor Informal Industri Sepatu

Makalah ini disusun guna melengkapi tugas mata kuliah Kesehatan Kerja Sektor Informal

Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) FKM UNDIP

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu perlindungan tenaga kerja disegala jenis kegiatan usaha, baik formal maupun informal. Dalam  UU  NO.  1  tahun  1970  tentang  keselamatan  kerja,  dinyatakan bahwa  setiap  tenaga  kerja  berhak  mendapat  perlindungan  atas  keselamatan dalam  melakukan  pekerjaan  untuk  kesejahteraan  hidup  dan  meningkatkan produksi  serta  produktifitas  nasional. Sedangkan dalan UU No. 23 Tahun 1993 disebtkan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh derajat kesehatan yang optimal. Sehingga baik tenaga kerja dalam sektor formal maupun informal mempunyai hak untuk mendapatkan perlindungan baik keselamatan kerja maupun kesehatan kerja. Kegiatan dan penerapan K3 terhadap tenaga kerja di sektor formal, pada umumnya sudah diterapkan dengan baik. Sedangkan penerapan di sektor informal belum diketahui dengan baik. Kegiatan pekerjaan dan tempat kerja sektor informal sangat banyak dan belum diklasifikasikan atas jenis usaha , jenis pekerjaan, dan tempat.(1)

Definisi informal menurut Hendri Saparini dan M. Chatib Basri, pekerjaan sektor informal adalah segala jenis pekerjaan yang tidak menghasilkan pendapatan yang tetap, tempat pekerjaan yang tidak terdapat keamanan kerja (job security), tempat bekerja yang tidak ada status permanen atas pekerjaan tersebut dan unit usaha atau lembaga yang tidak berbadan hukum. Sedangkan ciri-ciri kegiatan-kegiatan informal adalah mudah masuk, artinya setiap orang dapat kapan saja masuk ke jenis usaha informal ini, bersandar pada sumber daya lokal, biasanya usaha milik keluarga, operasi skala kecil, padat karya, keterampilan diperoleh dari luar sistem formal sekolah dan tidak diatur dan pasar yang kompetitif.(2)

Industri sepatu informal merupakan salah satu sektor industri kecil yang berkembang di masyarakat. Berbagai aktivitas dilakukan dalam industri tersebut. Dalam proses produksinya, banyak ditemukan potensi bahaya yang terdapat dalam industri tersebut. Sikap kerja yang kurang ergonomis, penggunaan bahan kimia lem sebagai perekat, lingkungan kerja yang panas serta pencahayaan yang kurang membuat industri informal pembuatan sepatu mempunyai risiko terhadap gangguan kesehatan pekerja. Oleh karena itu, kami ingin memaparkan lebih rinci mengenai kesehatan kerja sektor informal pembuatan sepatu yang terdapat di Kota Semarang.

Proses Kerja

proses kerja pembuatan sepatu

Pembuatan alas kaki pada sektor informal memiliki berbagai model rancangan untuk dipasarkan dan memenuhi keinginan konsumen baru. Suatu pola menunjukkan bentuk dan ukuran bagian atas alas kaki; pola tersebut dapat diproduksi oleh pembuat alas kaki atau dipesan dari luar. Gaya bagian atas digambarkan pada bahan kulit menurut pola yang ada, kemudian bagian tersebut digunting.

Setelah digunting, bagian luar bahan seringkali disisit menggunakan mesin sisit. Bagian atas dan lapisan dalam dijahit bersama; kemudian pembuatan lubang tali, lubang kancing, dan asesoris dapat dilaksanakan. Penyatuan bagian atas dan bawah pada umumnya dilakukan dengan proses pengeleman, tetapi juga ada yang dilakukan melalui proses penjahitan, pemakuan, atau penyekrupan. Sebelum disatukan, bagian sol dihaluskan dengan menggunakan gerinda. Pada sol-sol tersebut diberikan primer, bahan kimia berbasis pelarut agar sol tersebut bersih dan dapat melekatkan lem secara efektif. Sesudah dilakukan pengelaman pada bagian sol, kemudian bagian yang sudah dilem tersebut dikeringkan dibawah sinar matahari agar lem bertambah kuat. Lalu, agar pengelaman lebih kuat lagi, alas kaki tersebut dimampatkan/ditekan dengan mesin press. Proses akhir dapat terdiri dari beberapa kerja seperti: pembersihan dan penyemiran. Akhirnya, alas kaki dikemas dalam kotak atau tas plastik dan siap dipasarkan kepada para konsumen.

Selanjutnya akan dibahas tentang potensi bahaya beserta pengendalian bahaya ditempat kerja industri sepatu ini melalui video hasil tugas kami. Dan inilah hasil dari tugas yang kami buat… cekidot!! :D

About these ads

Tentang pianhervian

Aku hanyalah manusia biasa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP angakatan 2009.... Ingin belajar dan berbagi Cerita dan Informasi di dunia maya....

Posted on 23 Juli 2012, in Tugas Kuliah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 361 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: